Perancangan Karya Desain Grafis Untuk Periklanan Lembaga Java-Eleven Outbound

  • WAHYUDI

Abstract

Java Eleven merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang peningkatan sumber daya manusia, khususnya outbound. Java Eleven adalah lembaga outbound organizer yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Lembaga Java Eleven Outbound beralamat di Pasinan Lemah putih, RT 04/RW 01, Kec. Wringinanom, Kab. Ngresik. Melihat usia lembaga Java Eleven yang sudah lebih dari 10 tahun maka ini menjadi modal dasar bagi untuk terus berkembang cepat.Tetapi ada faktor yang menjadi penghambat dalam hal periklananya. Ternyata Java Eleven Outbound hanya menggunakan iklan di blog, antar relasi dan proposal kepada klien untuk menawarkan jasanya. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan periklanan yang tepat dan sesuai prinsip desain grafis yang bagus agar menjadikan lembaga lebih maju dan dikenal masyarakat.

Perancangan desain grafis periklanan dibuat dengan dua konsep. Pertama perancangan dengan konsep sederhana menggunakan komposisi keseimbangan simetris dengan pola terpusat/sederajat (obvious balance), dengan tema “Outbound Educatif”, yang mempunyai maksud untuk mengajak konsumen menggunakan produk Java Eleven. Bentuk desain grafis dengan konsep yang lebih dinamis, untuk komposisi layout desain 2 menggunakan komposisi visualnya menampilkan ilustrasi foto aktifitas outbound yang terlihat asyik dan menyenangkan.Kedua, perancangan layout keseimbangan asimetris. Konsep ini menggunakan tema “Pilihan Tepat Orang Hebat”, Bentuk visualnya menampilkan fotografi orang yang sedang outbound, warna segar dan suasana alam segar. Desain grafis tersebut menginformasikan tentang produk Java Eleven outbound yang meliputi: informasi seputar produk, keunggulan, alamat, informasi penggunaan, serta manfaat produk. Perancangan desain grafis periklanan ini, diharapkan dapat memperoleh konsumen lebih banyak lagi, sehingga dapat meningkatkan income Java Eleven outbound.

Kata kunci : desain grafis periklanan, outbound, Java Eleven

 

Java Eleven is an institution that engaged in the improvement  human resources, especially outbound. Java Eleven is organizer outbound agency from Surabaya East Java. Java Eleven institution is addressed by Lemah Putih RT 04/RW 01, Wringinanom sub-district Gresik regency. Seeing at the age of Java Eleven institutions that has been more than 10 years then it became the basic capital for the continuously growing faster. But there are factors that become obstacles in terms of advertising. It turns out that Java Eleven Outbound only uses advertising on blogs, inter-relationships, and proposals to clients for offering services. From these problems required appropriate advertising and graphic design principles to make the institution more advanced and known by the public.

Design of advertising graphic design is made with two concepts. First, design with simple concept using symmetrical equilibrium composition with centered pattern (equal balance), with theme "Outbound Educative", which has the aim to invite consumer using Java Eleven product. The visual form displays an photo illustration of outbound activity that looks joyful and fun. Second, the design of graphic design with a more dynamic concept, for the composition of layout design 2 using the composition of the asymmetric balance layout. This concept uses the theme "The Right Choice of Great People", The visual form displays photography of people who are performing outbound, fresh colors and fresh natural atmosphere. The graphic design informs Java Eleven outbound products that include: product information, excellence, address, usage information, and product benefits. The design of graphic design of this advertising, is expected to obtain more consumers, so as to increase the income of Java Eleven outbound.

Key Words: Advertising Graphic Design, Outbound, Java Eleven.

Published
2017-06-09
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 144