PENERAPAN METODE EKSPERIMEN MELUKIS DENGAN MEDIA TELENAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LUKIS PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 7 SURABAYA

  • AHMAD HADI NUR CAHYO

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang di bidang pendidikan seni dimana selama ini siswa menerima pembelajaran melukis pada media kertas atau kanvas, sehingga yang diketahui siswa tentang media untuk lukis hanya berupa kertas atau kanvas. Sedangkan, untuk melukis masih banyak alternatif media yang dapat dimanfaatkan. Seperti halnya melukis pada papan kayu. Penggunaan media ini tergolong unik dikarenakan kayu memilik serat-serat yang terlihat artistik serta menjadi tren hiasan interior kedai kopi dan rumah makan yang bertema vintage atau bertema tradisional saat ini. Media papan kayu yang mudah didapatkan dan berada di sekitar siswa yaitu telenan. Dengan menggunakan telenan dari kayu sebagai penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran melukis ini, diharapkan siswa lebih berminat untuk melukis dan dapat menambah hasil belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana langkah-langkah menerapkan metode eksperimen melukis dengan menggunakan media telenan untuk meningkatkan hasil belajar dan bagaimana hasil belajarsiswa dengan menggunakan metode eksperimen melukis pada media telenan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengumpulkan data yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah langkah-langkah metode eksperimen melukis pada media telenan yaitupertama siswa memutuskan objek yang akan dilukis lalu guru menjelaskan cara memilih posisi telenan apakah siswa menggunakan posisi  secara horizontal atau dengan posisi secara vertical. Sembari terlaksananya tindakan guru mengamati lalu melakukan penilaian proses dan sikap serta melakukan observasi. Ketika tindakan berlangsung siswa mengamplas permukaan telenan agar permukaan telenan halus dan mudah untuk dilukis lalu mulai membuat sketsa. Setelah membuat sketsa, siswa bereksperimen melukis pada media telenan dengan menggunakan alat dan bahan yang sudah dibawa dari rumah. Setelah selesai siswa melakukan finishing pada gambar dengan cara menyemprotkan spray aerosol clear agar karya lukis tidak rusak dan dilakukan di luar kelas serta hasil belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen melukis pada media telenanmeningkat dari 71,50 menjadi hingga 79,37 setelah diadakannya tindakan. Namun, tindakan pertama belum mencapai standar ketuntasan dengan rata-rata 76,30.Ketuntasan hasil belajar sebelum tindakan hanya berjumlah 12 siswa atau 30%, pada tindakan pertama siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa  atau 65%, sedang pada tindakan kedua siswa yang  tuntas sebanyak 37 siswa  atau   92,50%. Dengan menerapkan metode eksperimen melukis pada media telenan maka hasil belajar siswa dapat meningkat.

Kata kunci : Metode Eksperimen, Media Telenan, Hasil Belajar                          

Published
2017-06-16
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 36