EKSPRESI POTRET DIRI SEBAGAI INSPIRASI DALAM PENCIPTAAN SENI LUKIS

  • YOGIE WAHYULIARSO

Abstract

ABSTRAK

       Potret diri adalah lukisan yang menggambarkan potret diri seniman yang bersangkutan sebagai objek utama dalam sebuah karya seni dengan mengedepankan ekspresi wajahnya untuk menampilkan atas perasaannya. Potret diri inilah yang diangkat penulis dalam karya seni lukis. Bemula dari bercerita kepada teman sekampus atas apa yang penulis rasakan dengan permasalahan asmara penulis.

Dalam karyanya, penulis mengangkat tema tentang kenangan asmara penulis. penulis  menggunakan warna-warna monochrome, agar kesan masa lalu dalam karya penulis lebih misterius dan mendalam. Dimana bagi penulis dalam kenangan atau memori masa lalu sangatlah penting untuk dijadikan kompas yang memandu di tengah arusnya waktu dalam menjalani proses kehidupan yang lebih baik.

Mencurahkan segala rasa yang pernah dialami atas permasalahan yang melingkupi ke dalam sebuah karya menjadi suatu hal positif dalam karya yang tercipta, karena tidak semua orang mampu dan berani membuka ruang privasinya kepada publik lewat sebuah karya.

Kata Kunci: Ekspresi, Potret Diri, Inspirasi, Penciptaan, Seni Lukis

Published
2018-01-15
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 407