OBYEK BERTATO SEBAGAI IDE PENCIPTAAN SENI LUKIS

  • ANDRYAS DHARMA PUTRA

Abstract

Abstrak

 

        Penciptaan karya ini dilatar belakangi oleh adanya keinginan untuk menciptakan karya dengan menggunakan obyek bertato sebagai ide. Berawal dari ketertarikan terhadap seni tato yang sangat modifikatif dan penuh imajinasi yang membuat penulis ingin mengaplikasikan seni tato pada obyek seni lukis pada media kanvas. Dari situ penulis mulai mengeksplorasi obyek bertato dengan mengkombinasikan dengan gaya pop surealis.

       Sedangkan tujuan dari penciptaan karya ini adalah untuk mengembangkan dan mengeksplorasi obyek bertato sehingga tercipta seni lukis dengan obyek bertato ini menggunakan metode penciptaan yang dimulai dai ide, konsep, pendekatan tentang tema, pendekatan bentuk, pendekatan teknik,pendekatan media, dan pendekatan gaya. Selanjutnya tahap visualisasi

       karya yang dihasilkan penulis ada 4 karya, semua karya menggunakan media kanvas. Karya pertama meresposn tentang telivisi dan wanita sebagai media promosi, karya ke dua merespon tentang kehidupan laut yang mulai terancam dan isu-isu reklamasi, karya ketiga merespon tentang gaya hidup masyaraat perkotaan, dan karya yang terakhir merespon tentang ketidak harmonisan kehidupan manusia di dunia.

Kata kunci: Obyek Bertato, Pop Surealis

Published
2018-01-16
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 47