BURUNG ORIGAMI SEBAGAI INSPIRASI DALAM PENCIPTAAN SENI LUKIS

  • AJI GANGSAR LISTYONO

Abstract

Abstrak

 

Skripsi penciptaan karya ini merupakan penjabaran tentang penciptaan karya seni lukis yang berjudul “Burung Origami Sebagai Inspirasi Dalam Penciptaan Karya Seni Lukis”. Origami merupakan kesenian yang berasal dari jepang, kata origami berasal dari kata ori dan kami, ori yang memiliki arti lipatan dan kami yang meiliki arti kertas, sehingga origami bisa di definisikan sebagai seni melipat kertas.

Wujud origami dipilih karena origami memiliki lipatan-lipatan kertas yang sangat khas untuk diwujudkan kedalam karya lukis. Penulis memilih objek burung dikarenakan ketertarikan akan kehidupan burung yang selalu terbang bebas dan tahu tujuan yang akan dicapai. Tema yang diangkat kedalam karya lukis merupakan tema tentang persoalan-persoalan lingkungan sosial dan budaya. Gaya yang dipilih merupakan gaya realis. Media yang dipilih untuk penciptaan karya seni meliputi kanvas  dan kertas. Teknik yang digunakan merupakan teknik plakat atau opaque, teknik pointilis, dan teknik stensil. Teknik tersebut merupakan teknik yang dikuasai oleh penulis.

Penciptaan karya bertujuan untuk menyalurkan sebuah ide atau gagasan kedalam seni lukis, dan dapat mengolah berbagai material dan teknik-teknik kedalam seni lukis, sehingga dapat inovatif dan kreatif. Selain itu agar dapat menjelaskan unsur-unsur seni yang terkandung dalam karya. Proses penciptaan karya seni ini meliputi tahap pendesainan, tahap pemindahan desain, tahap pembentukan objek, tahap mengolah background, tahapan perakitan, dan tahapan finishing.

Hingga terwujud lima karya lukis  terkait  dengan judul “Origami Burung Sebagai Inspirasi Dalam Penciptaan Karya Seni Lukis”. Karya pertama yang berjudul “ Era Sosialita”. Karya kedua yang berjudul “Penguasa Jalan”. Karya ketiga yang berjudul “Punah”. Karya keempat yang berjudul “Asimilasi”. Dan karya kelima yang berjudul “Dialog Keluarga” dan dengan terciptanya karya ini agar dapat bermanfaat bagi khalayak umum.  

Kata Kunci: Seni Lukis, Burung Origami, Persoalan Sosial dan Budaya.

Published
2018-01-17
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 106