TUBUH MANUSIA SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS

  • DIMAS TRI PAMUNGKAS

Abstract

Abstrak

 

Skripsi karya ini merupakan uraian tentang penciptaan karya seni lukis dengan judul ”Tubuh Manusia Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Seni Lukis”. Berangkat dari pengalaman pribadi pencipta hingga observasi langsung, melihat, memperhatikan dan memaknai setiap tubuh manusia.

Tubuh manusia, secara biologis terdiri dari potongan-potongan bagian tubuh yang memiliki keterkaitan dengan organ. .tubuh manusia dibedakan menjadi dua, yaitu laki-laki dan perempuan. Sedangkan manusia dapat diartikan berbeda-beda. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai homo sapiens (bahasa latin untuk manusia), spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan dengan konsep jiwa yang bervariasi dalam agama. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasa, pengorganisasian  serta perkembangan teknologinya.

Tubuh manusia dipilih  sebagai ide karena keunikan tubuh manusia yang memiliki sifat dinamis yaitu kuasa atas perilaku dan keistimewaan tubuh manusia yang mampuh merubah dirinya sendiri secara fisik maupun nilai-nilai dalam citra diri. Penciptaan karya lukis dengan objek tubuh manusia, diungkapkan lewat kehidupan pribadi serta permasalahan yang terjadi lingkungan sekitar pencipta tinggal. Gaya yang dipilih adalah gaya kubisme. Media yang digunakan adalah media kanvas dan teknik yang digunakan adalah teknik plakat.

Penciptaan karya lukis bertujuan untuk mengungkapkan keunikan serta keistimewaan tubuh manusia, untuk memenuhi dorongan kreativitas dalam mengeksplorasi elemen-elemen seni rupa dan untuk mengungkapkan makna dan pesan yang disampaikan melalui tubuh manusia. Penciptaan ini dilakukan melalui tinjauan kepustakaan dan pengalaman estetik dalam upaya mewujudkan berbagai karakter tubuh manusia. Dalam alam proses penciptaan ini terdiri dari beberapa tahapan yakni, tahap pembentukan (Forming). Pewarnaan (Colloring), Penyelesaian (Finishing). Pada hasil akhirnya terciptalah lima buah karya terkait dengan judul yang diangkat yaitu “Tubuh Manusia Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Seni Lukis”, Pada karya pertama berjudul “Freedom”. Pada karya kedua berjudul “Berhala”. Pada karya ketiga berjudul “Peace Society”. Pada karya ke empat berjudul “Investation” dan Pada karya kelima berjudul “Hole”.

Kata Kunci: Tubuh Manusia, Inspirasi , Seni Lukis.

Published
2018-01-18
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 55