SANGGAR LUKIS RUANG SENI RUPA MERDEKA DI KOTA GARUT

  • INNE MAULANI

Abstract

Abstrak

Sanggar Lukis Ruang Seni Rupa Merdeka, Garut telah berhasil mencetak anak-anak berbakat khususnya di bidang melukis. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana eksistensi Sanggar Lukis Ruang Seni Rupa Merdeka, proses pembelajaran (materi, metode, media dan evaluasi pembelajaran), serta hasil karya lukisan siswa (tema, pewarnaan, dan berdasarkan dengan teori Victor Lowenfeld). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi meliputi foto-foto dan perekaman. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Subjek penelitian peserta didik Sanggar Ruang Seni Rupa Merdeka yang berusia 3-12 tahun. Peserta didik diminta untuk membuat lukisan dengan tema bebas menurut pilihan mereka. Karena subjek penelitian ini dalam rentang usia 3-12 tahun maka terdapat periodisasi perkembangan gambar anak menurut Victor Lowenfeld. Peserta didik diminta untuk membuat lukisan minimal 1 lukisan dari tema yang bebas menurut pilihan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema lukisan peserta didik Sanggar Ruang Seni Rupa Merdeka tidak jauh dari aktivitas keseharian dirinya yaitu cenderung mengangkat tema kegiatan sehari-hari, tema alam, serta tema potret/figur. Mengenai pewarnaan siswa sudah mampu mengkombinasi warna atau gradasi warna. Namun, anak masih terfokus dan menguasai melukis dengan bahan cat acrylic. Keberanian anak menggunakan warna sudah mengalami perkembangan dengan kemampuan beberapa anak menguasai teknik torehan dan plakat. Terhadap periodiasai gambar anak oleh Victor Lowenfeld sebagian besar menunjukan kesesuaian. Lukisan dari peserta didik menunjukan kearah positif (kemajuan). Dari hasil yang ditemukan sebanyak 13 peserta didik menunjukan kesesuaian, namun beberapa memang menunjukan kelebihan seperti anak yang semestinya dalam ruang lingkup naturalisme semu namun sudah menunjukan ciri masa penentuan. Artinya sudah timbul kesenangan atau bakat dalam bidang lukis, seperti selain bimbingan di sanggar “Merdeka” juga mencoba mengaplikasikannya diluar atau dilingkungan masyarakat. Hal-hal tersebut dikarenakan penelitian sekarang cukup berbda dengan penelittian Victor Lowenfeld di era terdahulu.

 

Kata Kunci: Eksistensi, Proses Pembelajaran, Hasil Karya Lukis Anak.

Published
2018-01-23
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 70