PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA POKOK BAHASAN KRITIK KARYA SENI RUPA SISWA KELAS X SMA NEGERI NGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • ANITA RODLIYAH
  • MUHAJIR

Abstract

Materi kritik karya seni berbeda dengan materi seni rupa lainnya yang didominasi praktik, materi ini mengharuskan siswa menggunakan kemampuan berpikirnya. Hal tersebut sesuai dengan konsep discovery yang bertujuan untuk menemukan pengertian, ciri-ciri, perbedaan dan persamaan. Penelitian deskriptif kualitatif terkait penerapan model pembelajaran discovery pada pokok bahasan kritik karya seni rupa ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery pada materi kritik karya seni rupa (2) Mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran discovery di SMA Negeri Ngoro (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran discovery di SMA Negeri Ngoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yakni observasi partisipan tipe pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah peneliti (catatan lapangan) dan lembar wawancara. Dalam penelitian ini data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery tidak efektif diterapkan pada materi kritik seni rupa di kelas X-IPS 3, hal tersebut dikarenakan adanya penghambat seperti kompleksitas materi, kemampuan berpikir yang tidak merata, cara belajar siswa yang cenderung konvensional, serta rasa ingin tahu dan minat baca yang rendah. Dari 31 siswa, hanya12 siswa yang mampu memperoleh nilai di atas KKM, sedangkan 19 siswa lainnya meperoleh nilai di bawah KKM. Saran bagi tenaga pendidik dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan model pembelajaran yang akan diterapkan sehingga faktor penghambat dapat diminimalisir.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kritik Karya Seni Rupa.
Published
2018-12-03
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 198