PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY BATIK TULIS TENGGERAN KOTA PROBOLINGGO

  • YUNDA PARAMITA
  • TRI CAHYO KUSUMANDYOKO

Abstract

Perancangan ini dilatarbelakangi oleh Batik Tulis Tenggeran Kota Probolinggo yang merupakansalah satu tempat produksi batik tulis dengan motif khas kota Probolinggo. Dikelola oleh Ibu Sawali,Batik Tulis Tenggeran ini memiliki kualitas yang bagus dengan motif batik yang indah. Tempat inimerupakan salah satu tujuan para wisatawan mancanegara apabila berkunjung ke Probolinggo setiapbulannya. Batik Tulis Tenggeran mempunyai identitas visual berupa logo dan beberapa media promosi,namun media promosi yang ada kurang efektif untuk menarik minat masyarakat terhadap Batik TulisTenggeran. Selain itu, identitas adalah bagian terpenting dalam suatu perusahaan, sedangkan identitas dariperusahaan ini belum menunjukkan karakter dari Batik Tulis Tenggeran itu sendiri. Strategi khusus yangharus dimiliki oleh perusahaan ini adalah meningkatkan citra atau image yang meliputi keunggulanproduk batik yang ditawarkan kepada konsumen. Maka dengan demikian penulis membuat rancangancorporate identity untuk memperkenalkan identitas visual secara lebih baik kepada konsumen sertamembuat identitas tersebut menjadi lebih mudah diingat. Perancangan ini menggunakan metodedeskriptif kualitatif desain yang terdiri dari beberapa proses diantaranya pengumpulan data, analisisexisting, SWOT, penentuan USP, dan Positioning. Perancangan ini juga meliputi pembuatan logo yangdibuat sesuai dengan karakter dan ikon dari Batik Tulis Tenggeran, dimulai dengan penentuan simbolatau ikon yang disederhanakan lalu pemilihan tipografi dan warna. Setelah logo selesai dibuat makakemudian diaplikasian terhadap beberapa media yang dibutuhkan seperti stationary, promotion tools,sosial media, dan signage. Kemudian membuat pedoman identitas visual guna mempermudah informasipenggunaan dan penerapan logo pada berbagai media dengan benar, dilanjutkan dengan validasi, prosesrevisi, dan final.

Kata Kunci: Corporate Identity, Logo, stationary, promotion tools, sosial media, signage, Batik,Identitas Visual.
Published
2019-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 108