PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BATIK TULIS GEDOG H.M. SHOLEH TUBAN

  • SETIYORINI

Abstract

Batik TulisGedog H.M. Sholehadalahprodusen Batik TulisGedogTuban yang berdirisejakTahun 1991, memproduksiberagamjenisproduk Batik GedogTubanseperti Batik Tulis Kain Bahan Katun dan Sutera. Batik tuliskaintenun. Pakaianjadi, seragamkantor, seragamSekolahpartai dan eceran. Batik Kaosmulaiukurananak-anakhingga model dewasa. Batik busanamuslim, jarit / jarik, daster. Batik taplakmeja, bed cover, sarung, Tempat tissue dan sebagainya..Denganmerek "Batik TulisGedog H.M. SholehTuban" dibawahnaungan UD Budi Karya, mayoritasberagamproduk Batik TulisGedogTubanproduksisecarahandmade (tulis) dan sebagianlainnyadiproduksidengancara modern.Melihatkualitasproduksi yang baikdari Batik TulisGedogTuban H.M. Sholeh dan masihbelumdikenal di daerahluarKabupatenTuban, makaperludirancang media promosi yang menarik dan tepatsasaranuntukmempromosikanproduk Batik TulisGedog H.M. SholehkepadamasyaratakatluarKabupatenTuban. Berdasarkan latar belakang, dapat diperoleh rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana konsep Perancangan Media Promosi Batik Tulis “H.M. Sholeh” Tuban; (2) Bagaimana proses perancangan media promosi Batik Tulis Gedog “H.M. Sholeh” Tuban; (3) Bagaimana penerapan perancangan Media Promosi Batik Tulis Gedog “H.M. Sholeh” Tuban.Tujuandariperancangan media promosi H.M. Sholehadalah (1) Mendiskripsikankonsepperancangan media promosi batik “H.M. Sholeh” Tuban (2) Mendiskripsikan proses perancangan media promosi Batik TulisGedog H.M. Sholeh (3) Menerapkanperancangan Media Promosi Batik TulisGedog H.M. SholehTuban. Tahap awal yang dilakukan adalah survei lokasi penelitian di rumah produksi H.M. Sholeh Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Sumber data yang diperoleh diambil dengan wawancara pada narasumber dan data tertulis dari narasumber. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi; Metode analisis data menggunakan teknik review desain untuk mengetahui kelayakan desain yang akan dibuat. Hasil karya desain meliputi katalog, brosur dan kemasan dengan tema tradisional elegan. Pada awal proses perancangan desain, yaitu terlebih dahulu membuat Thumnail kemudian dilanjutkan dengan proses visualisasi Tightissue dengan menggunakan software Adobe Illustrator CS6 2016. Setelah proses Tightissue selesai maka dilakukan review desain oleh validator untuk perbaikan desain dan dilanjutkan dengan proses akhir yaitu produksi atau final desain yang dibuat dalam skala kecil atau mock up.Perancangan ini diharapkan dapat menghasilkan karya desain promosi yang kreatif dan komunikatif dan dapat mendukung tercapainya tujuan promosi kepada masyarakat.

Kata Kunci: Perancangan, Promosi, Batik, Gedog Tuban

Published
2019-01-23
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 84