PERANCANGAN BUKU POP-UP PENGENALAN KATA TEMA BINATANG UNTUK SISWA TK-B

Authors

  • KHAERIYA
  • TRI CAHYO KUSUMANDYOKO

Abstract

Permasalahan di TK B Dharma Wanita Persatuan I Mulung Driyorejo adalah keterbatasan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah buku Lancar Berbahasa yang berwarna hitam putih, berbahan tipis, dan hanya dimiliki guru sehingga siswa tidak berkesempatan unutk belajar membaca di rumah. Sebab itu, dibutuhkan alternatif media pembelajaran. Sebagai alternatif media pembelajaran, penulis merancang buku Pop-up Pengenalan Kata Tema Binatang untuk Siswa TK B. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep perancangan media Buku Pop-up Pengenalan Kata, mendeskripsikan langkah-langkah dalam merancang Buku Pop-up Pengenalan Kata, dan mewujudkan Buku Pop-up Pengenalan Kata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Langkah penelitian meliputi analisis kebutuhan siswa, analisis existing dan analisis 5W+1H. Setelah analisis data, peneliti merancang konsep, merancang buku, dan mewujudkan buku pop-up. Hasil dari penelitian ini adalah Buku Pop-up Pengenalan Kata Tema Binatang untuk Siswa TK B sebanyak 20 halaman dalam dua buku ukuran 21x21cm. Buku yang sudah jadi, diharapkan nantinya dapat bermanfaat sebagai media belajar bagi siswa TK B di TK Dharma Wanita Persatuan I Mulung Driyorejo dan sekaligus digunakan untuk belajar di rumah bersama orang tua.

Kata Kunci: media, buku pop-up, taman kanak-kanak, binatang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 79 , PDF Downloads: 503