PENERAPAN TEKNIK STENSIL DALAM BERKARYA RAGAM HIAS PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII-E SMP NEGERI 17 SURABAYA
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran ragam hias pada bahan tekstil diketahui belum terlaksana kegiatan penerapan praktiknya, sehingga penerapan teknik stensil dapat dijadikan sebagai alternatif untuk pembelajaran ragam hias pada bahan tekstil. Penelitian terkait penerapan teknik stensil dalam berkarya ragam hias pada bahan tekstil bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan teknik stensil dalam berkarya ragam hias pada mata pelajaran seni budaya siswa kelas VII-E SMP Negeri 17 Surabaya. (2) Menghasilkan karya dari penerapan teknik stensil dalam berkarya ragam hias pada mata pelajaran seni budaya siswa kelas VII-E SMP Negeri 17 Surabaya. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan teknik stensil dalam berkarya ragam hias pada mata pelajaran seni budaya kelas VII-E SMP Negeri 17 Surabaya. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, pendokumentasian, pemotretan, dan angket. Data penelitian dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi data. Penerapan teknik stensil di kelas VII-E berlangsung selama tiga pertemuan. Hasil karya dengan penerapan teknik stensil dalam berkarya ragam hias dilihat berdasarkan kategori penilaian baik, cukup baik, dan kurang baik. Dalam penerapannya tidak luput dari faktor pendukung dan penghambat. Pada teknik stensil untuk alat dan bahan mudah ditemukan dengan biaya yang terjangkau, serta cara kerja lebih mudah sehingga siswa dapat belajar dengan membuat pola sendiri. Saran bagi guru seni budaya, diharapkan lebih mengeksplor praktik-praktik yang baru agar wawasan dan kreativitas siswa semakin berkembang.
Kata Kunci: Teknik Stensil, Berkarya Ragam Hias pada Bahan Tekstil, Mata Pelajaran Seni Budaya
Downloads

