PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS X SMKN 1 JABON UNTUK MENDESKRIPSIKAN KRITIK SENI RUPA

  • WILDAN AMIRUDIN
  • MUHAJIR

Abstract

Pada dasarnya materi kritik seni bertujuan memahami karya seni dalam pembelajaran seni budaya, hal ini selaras dengan metode problem based learning yang digunakan dalam penelitian ini yang menekankan pada proses penyelesaian masalah dalam memahami kritik karya seni. Penelitian deskriptif kualitatif terkait penerapan metode problem based learning pada pokok bahasan kritik karya seni rupa batik ini bertujuan untuk : (1)Mendeskripsikan penerapan Metode Problem Based Learning dalam proses belajar mengajar seni budaya kelas X SMKN 1 Jabon. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode Problem Based Learning dalam proses belajar mengajar seni budaya kelas X SMKN 1 Jabon dalam.(3) Memahami kritik karya seni rupa batik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan peneliti (catatan lapangan ) dan lembar wawancara. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, display data, verifikasi data atau kesimpulan. Validitas yang digunakan adalah trianggulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa metode problem based learning efektif diterapkan untuk memahami kritik seni rupa peserta didik kelas X SMKN 1 Jabon dengan hasil 33 peserta didik mampu memahami kritik seni rupa meskipun ada beberapa peserta didik yang masih belum memahami tahap interpretasi sedangkan pada 4 kelompok yang dibentuk sudah mampu memahami kritik seni.

Kata kunci : Kritik Seni, Batik, Problem Based Learning.

Published
2019-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 194
PDF Downloads: 2271