PERANCANGAN DESAIN KEMASAN DIMENSI KOPI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENGENALAN PRODUK KOPI TRAWAS

  • RIZKY AULIA FIRDAUS
  • MUHAMAD ROIS ABIDIN

Abstract

Kopi adalah sebuah tanaman buah yang bisa dimanfaatkan untuk dinikmati menjadi hidangan minuman. Kopi juga memiliki daya tarik sendiri bagi penikmatnya karena kopi menyuguhkan pengalaman rasa yang berbeda dari setiap daerah dimana kopi itu berasal atau ditanam. Kekayaan alam di Indonesia membuat kopi sangat mudah ditanaman dan menghasilkan kualitas panen yang bagus. Indonesia menempati peringkat ke-4 dalam menghasilkan kopi di seluruh dunia, kualitas yang baik dan citarasa yang bagus membuat kopi Indonesia diterima di pasar Internasioanal. Dengan kemajuan pasar kopi Indonesia yang sangat pesat, maka daerah penghasil kopi di Indonesia berlomba menghasilkan kulaitas panen yang bagus dan menjadikan produk kopi tersebut layak dipasarkan. Melalui media kemasan yang baik serta diikuti promosi yang efisien. Daerah Jawa Timur memiliki beberapa wilayah penghasil kopi seperti Malang, Bondowoso, Banyuwangi, Jember dan yang sedang berkembang saat ini adalah Trawas. Trawas memiliki kelemahan dalam segi produk, kurangnya pengelaman untuk mempromosikan produk dari cara pengemasan dan promosi membuat Kopi Trawas kesulitan menarik konsumen penikmat kopi Jawa Timur. Melalui perancangan kembali kemasan produk dari kopi Trawas yang dimiliki Dimensi Kopi diharapkan akan menjadi media bagi mereka untuk bisa memasarkan produknya dengan baik kepada masyarakat, wisatawan, dan penikmat kopi di Jawa Timur.
Kata Kunci: Kopi, Kuliner, Trawas
Published
2019-08-27
Section
Articles
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 93