ANALISIS LAYOUT BUKU TEMATIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR TEMA 8
Abstract
Buku tematik sekolah dasar memiliki susunan layout yang berbeda dengan buku teks pelajaran lain. Hal tersebut karena materi yang terdapat didalamnya berisi gabungan beberapa mata pelajaran dan lebih menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur elemen dan prinsip desain layout yang diterapkan serta kesesuiannya ditinjau dari perkembangan psikologis anak. Metode yang digunakan yakni kualitatif deskriptif dengan mengobservasi layout buku tematik secara langsung serta didukung hasil dokumentasi dan wawancara narasumber terkait. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa beberapa susunan elemen dan penerapan prinsip desain pada layout buku tematik kelas 5 Sekolah Dasar kurang sesuai dan perlu diperbaiki. Misalnya pada jenis huruf yang digunakan, penempatan, kualitas, dan ukuran gambar pendukung materi, penyusunan teks, dan beberapa hal lain. Selain itu, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa desain pada layout buku memiliki kaitan dengan perkembangan psikologis anak sehingga perlu adanya penyesuaian supaya buku dapat maksimal. Beberapa contoh dari layout dari hasil penelitian juga dibuat sebagai bahan referensi.
Kata Kunci: Layout, Buku Tematik, Sekolah Dasar
Downloads

