PEMBUATAN SENI PAPER CUT PADA SISWA KELAS X-MIPA 1 SMA NEGERI 1 BANGILAN TUBAN

  • Anisa Ulla Mawaddah Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mutmainah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran seni rupa dua dimensi merupakan pembelajaran yang telah ditempuh setiap jenjang
pendidikan. Dalam penerapannya di SMA, pembelajaran seni rupa dua dimensi tergabung dalam mata
pelajaran seni budaya kelas X. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bangilan Tuban dengan
memilih 20 siswa sebagai sampel dari kelas X-MIPA 1. Pada membelajaran seni rupa dua dimensi
kelas X, siswa hanya memperoleh pelajaran melukis. Oleh karena itu, peneliti ingin berbagi wawasan
mengenai pembuatan karya seni paper cut karena sebelumnya kegiatan paper cut belum pernah
diajarkan oleh guru mata pelajaran seni budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil dari pembelajaran pembuatan karya
seni paper cut pada siswa kelas X-MIPA 1 SMA Negeri 1 Bangilan Tuban. Tahap wawancara
dilakukan terhadap guru dan siswa terkait dengan paper cut. Hasil pembuatan karya seni paper cut
dari 20 siswa kelas X-MIPA 1 menunjukkan terdapat 5 siswa yang memperoleh nilai sangat baik
dengan skor 92 (satu siswa), 91 (satu siswa), dan 90 (tiga siswa). Terdapat juga 15 siswa yang
memperoleh nilai baik dengan skor 89 (tiga siswa), 88 (lima siswa), 86 (tiga siswa), 85 (satu siswa)
dan 83 (tiga siswa). Berdasarkan nilai akhir tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa mampu
menjawab pertanyaan yang diajukan ketika wawancara serta menyelesaikan pembuatan karya seni
paper cut dengan baik.
Kata Kunci: seni rupa dua dimensi, paper cut, pembelajaran seni budaya kelas X

Published
2021-04-15
Section
Articles