ANALISIS SEMIOTIKA NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH NUSSA DAN RARA PADA FILM ANIMASI NUSSA SEASON DUA

  • Elly Zati Nur Alfi Sanah Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Agus Basuki Oemar Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Film animasi dapat mempengaruhi karakter dan prilaku anak karena kebiasaan anak-anak cenderung
meniru apa yang dilihatnya. Penelitian ini dilakukan dengan meneliti film animasi Nussa karena sudah
meraih penghargaan dalam beberapa ajang film terbaik dan sangat diminati masyarakat. Tujuan
penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan visualisasi karakter Nussa dan Rara pada Film Animasi
Nussa season dua; 2) Mendeskripsikan hubungan tanda dan makna dalam visualisasi karakter Nussa
dan Rara pada Film Animasi Nussa season dua; 3) Mendeskripsikan nilai pendidikan yang terdapat
pada karakter Nussa dan Rara pada Film Animasi Nussa season dua. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh visualisasi karakter tokoh Nussa dan Rara
dan hasil observasi pada youtube official Nussa video berjudul bincang Nussa dan data pendukung
lainnya. Analisis visual yang digunakan adalah teori semiotika Charles Sanders Peirce dan
dihubungakan dengan nilai pendidikan karakter. Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: 1) Setiap
episode visualisasi tokoh Nussa dan Rara selalu berbeda-beda disesuaikan dengan isi cerita yang ingin
disampaikan, visualisasinyapun menarik dan mudah difahami oleh penonton, 2) komponen tandatanda seperti postur dan gerak tubuh, ekspresi wajah, latar tempat dan waktu yang terdapat pada
visualisasi karakter tokoh Nussa dan Rara pada setiap episode memiliki makna yang berhubungan
dengan isi cerita yang disampaikan, 3) Terdapat beragam nilai pendidikan karakter seperti nilai
respect, caring, responsibility, trustworthiness, citizenship.
Kata Kunci : Film Animasi Nussa, Semiotika, Pendidikan Karakter, Charles Sanders Peirce

Published
2021-04-15
Section
Articles