PENERAPAN TEKNIK FINGER PAINTING PADA PENCAMPURAN WARNA UNTUK ANAK USIA 7 TAHUN DI SANGGAR LUKIS ANAK DEVINA WARU - SIDOARJO

  • Fadhilah Aliyatur Rofiah Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mutmainah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Usia 7 tahun merupakan usia peralihan dari masa taman kanak-kanak menuju sekolah dasar, sangat diperlukan pembelajaran yang menyenangkan karena anak usia 7 tahun masih menyukai bermain, belajar, dan bereksperimen. Finger Painting merupakan hal baru di Sanggar Lukis Anak Devina Waru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan finger painting pada pembelajaran pencampuran warna anak usia 7 tahun di Sanggar Lukis Anak Devina Waru dan mengetahui hasil karya dari penerapan finger painting pada pembelajaran pencampuran warna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode deskripstif kualitatif untuk meneliti proses kegiatan penerapan finger painting dan didukung pula metode demonstrasi untuk memudahkan anak memahami pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian berdasarkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi pada Sanggar Lukis Anak Devina Waru. Berdasarkan pengumpulan data pada penelitian diperoleh 5 aspek penilaian yaitu, pemilihan warna, pencampuran warna, keterbacaan gambar, kreatifitas, dan kerapian. Dari ke 5 aspek tersebut dapat diperoleh hasill evaluasi dari peneliti dan pemilik Sanggar Lukis Anak Devina Waru. Bahwa  penerapan finger painting pada pembelajaran pencampuran warna anak usia 7 tahun berhasil diterapkan di Sanggar Lukis Anak Devina Waru.

 

Kata kunci: Anak usia 7 tahun, pencampuran warna, finger painting.

Published
2021-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 710