PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI KARAKTER BERBASIS LINGKUNGAN DI SMPN 14 GRESIK

  • Laiely Lanisi Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudi Marsudi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstract
Penerapan pembelajaran ilustrasi pada kompetensi dasar menggambar ilustrasi dengan teknik
manual atau digital kelas VIII SMPN 14 Gresik kurang kreatif, kurang variatif, dan peserta didik
kurang diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi idenya. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan
pembelajaran menggambar ilustrasi karakter berbasis lingkungan serta mendeskripsikan hasil
pembelajaran ilustrasi berbasis lingkungan yang telah dilakukan oleh siswa SMPN 14 Gresik.
Pembelajaran menggambar ilustrasi berbasis lingkungan sangat diperlukan siswa guna merangsang
imajinasi siswa dalam menggambar ilustrasi dengan mengamati lingkungan sekitar dan
mengembangkan ide dan gagasannya menjadi gambar ilustrasi yang menarik dan kreatif. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Hasil dari penelitian dengan menerapkan pembelajarn
ilustrasi berbasis lingkungan dengan 16 siswa kelas VIII sebanyak 6 siswa atau sekitar 37,5%
mendapatkan nilai sangat baik, 6 siswa atau 37,5% mendapatkan nilai baik, 2 siswa atau 12,5%
mendapatkan nilai cukup dan sisanya sebanyak 2 siswa atau sekitar 12,5% perlu bimbingan. Dengan
demikian berdasrkan capaian pembelajaran tersebut pembelajaran menggambar ilustrasi berbasis
lingkungan memiliki dampak yang sangat baik bagi siswa dan siswa mampu mempraktikkan dan
menyelesaikan karya gambar ilustrasi karakter berbasis lingkungan sekitar dengan baik.
Kata Kunci: Ilustrasi, Karakter, Lingkungan sekitar

Published
2021-06-10
Section
Articles
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 358