PENGEMBANGAN E-BOOK GAMBAR ILUSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 GENTENG BANYUWANGI

  • Reynold Nur Handako Universitas Negeri Surabaya
  • Imam zaini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi dalam pembelajaran Seni Budaya khususnya materi
gambar masih menggunakan media non-digital. Berdasarkan pra-observasi, siswa merasa kesulitan
untuk memahami materi gambar ilustrasi, terlihat dari karya-karya para siswa yang dinilai kurang.
Minat siswa dalam mempelajari gambar ilustrasi kurang dikarenakan penjelasan materi yang kurang
detail pada buku paket, efek pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa melakukan pembelajaran
secara daring dan keterbatasan sinyal di beberapa daerah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka
dibuatlah e-book gambar ilustrasi yang dapat dioperasikan secara offline. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan pengembangan e-book gambar ilustrasi, dan mendeskripsikan respon siswa
dalam menggunakan e-book. Metode penelitian ini menggunakan metode research and development
(R&D) yang mengacu pada Borg and Gall (dalam Sugiyono, 2016). Pengumpulan data penelitian ini
berdasarkan hasil observasi, dokumentasi, wawancara, pre-test, post-test dan kuisioner. Media ebook gambar ilustrasi ini melalui tahap validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil uji validasi
media sebesar 87,5%, hasil validasi materi sebesar 100% dan masuk dalam kategori sangat layak,
lalu media di uji cobakan kepada 10 siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini
efektif, dan juga bisa meningkatkan daya tarik siswa dalam belajar berdasarkan kenaikan nilai pretest ke post-test dan hasil kuisioner. Hasil rata-rata pre-test sebesar 54,5 dan hasil rata-rata post-test
sebesar 71,5, serta hasil rata-rata kuisioner sebesar 85,4%.
Kata kunci: E-book, gambar ilustrasi, SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi

Published
2021-06-29
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 263