ANALISIS LUKISAN ANAK-ANAK PAUD ASY-SYAFI’IYYAH KARANGPOH KRIAN JAWA TIMUR

  • Eka Novi Puspita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Muhajir Muhajir Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Seni difungsikan oleh anak sebagai media ungkapan perasaan, ide, gagasan dan pikiran anak.
Karyanya sebagai alat bermain imajinasi, mengutarakan ide dan juga sebagai media komunikasi.
Penelitian dengan judul “ Analisis Lukisan Anak-anak PAUD Asy-Syafi’iyyah Karangpoh Krian Jawa
Timur” bertujuan untuk mendeskripsikan konsep lukisan, tema lukisan dan karakteristik bentuk visual
lukisan anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Melalui analisis data hasil karya
lukisan anak yang telah diambil dari 20 anak di PAUD Asy-Syafi’iyyah diperoleh simpulan bahwa
lingkungan memengaruhi kreativitas anak dalam pengambilan konsep lukisan mereka dan tanpa
adanya suatu batasan tema yang telah ditentukan membuat anak semakin leluasa untuk berimajinasi
serta menuangkan pemikirannya dalam bentuk sebuah lukisan. Berdasarkan wawancara yang
dilakukan kepada anak-anak, mereka melukis berdasarkan imajinasi, pengalaman dan kretivitasnya.
Karakteristik bentuk visual lukisan anak menunjukkan perkembangan yang beragam sesuai umur dan
kemampuannya. Dari hasil lukisan anak dapat dilihat bahwa unsur visual garis sudah terkontrol dan
sudah dapat terarah, bentuk visual objek sudah dikenali, pemilihan warna sesuai dengan imajinasi
dan warna kenyataan, beberapa sudah dapat menggunakan konsep bentuk keruangan dan waktu.
Sehingga dari penelitian ini perkembangan psikologi anak dapat dilihat di dalam hasil karyanya.
Kata kunci: analisis lukisan, lukisan anak, PAUD Asy-Syafi’iyyah

Published
2021-07-12