VIDEO PEMBELAJARAN ILUSTRASI TEKNIK KOLASE BAHAN ALAM DI SMPN 30 GRESIK

  • Dhyanah Fajar Islamiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudi Marsudi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pegembangan video pembelajaran ilustrasi teknik kolase bahan alam di SMPN 30 Gresik
dilatar belakangi oleh banyaknya potensi bahan alam di sekitar siswa SMPN 30 Gresik yang belum
dimanfaatkan untuk pembuatan karya seni rupa khususnya karya ilustrasi. Hal ini dikarenakan
kurangnya kreativitas siswa yang disebabkan kurangnya informasi dan pemahaman mengenai variasi
bahan pembuatan karya seni ilustrasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembuatan dan
mendeskripsikan hasil penerapan video pembelajaran ilustrasi teknik kolase bahan alam di SMP Negeri
30 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) menurut
Sugiyono, 2018, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi
desain, uji coba produk. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner, pre
test, post test, hasil karya, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam uji kelayakan
pengembangan video pembelajaran mendapatkan persentase dengan rata-rata sebesar 92,94% oleh
validasi ahli. Hasil video pembelajaran ilustrasi teknik kolase bahan alam dibuktikan dengan
peningkatan nilai pre test sebesar 57,92 ke nilai post test siswa sebesar 78,17. Nilai hasil karya siswa
juga mendapatkan rata-rata sebesar 78,41 dan hasil kuesioner mendapat persentase sebesar 97,5%.
Dengan demikian, media ini efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran seni budaya khususnya
pada materi menggambar ilustrasi.
Kata kunci: video pembelajaran, ilustrasi, kolase

Published
2021-07-15