PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK EKSTRAKURIKULER BATIK DI SMPN 24 SURABAYA

  • Febriana Dwi Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudi Marsudi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Ekstrakurikuler batik di SMPN 24 Surabaya tidak memiliki media pembelajaran, sehingga membuat
siswa kesulitan untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan
video pembelajaran untuk ekstrakurikuler batik di SMPN 24 Surabaya dan untuk mengetahui hasil
penerapan video pembelajaran. Pengembangan video pembelajaran ini sangat penting untuk menunjang
pembelajaran Ekstrakurikuler di SMPN 24 Surabaya. Penelitian ini menerapkan metode RnD (Research
and Development) menurut Sugiyono, yang meliputi : menentukan potensi dan masalah, pengumpulan
informasi, perancangan produk, validasi produk, revisi produk, serta uji coba pada siswa. Penelitian ini
menghasilkan deskripsi proses pengembangan berdasarkan alur pengembangan yang ditetapkan dengan
hasil penilaian oleh validator materi mendapatkan persentase sebesar 100% dan hasil penilaian oleh
validator media mendapatkan persentase 89% keduanya mendapatkan kategori layak digunakan tanpa
revisi. Selanjutnya berdasarkan hasil ujicoba terhadap siswa, dihasilkan persentase sebesar 79% dengan
kategori saangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, media ini sangat
layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk ekstrakurikuler batik.
Kata kunci: Batik, Video, Ekstrakurikuler, SMPN 24 Surabaya

Published
2021-07-18