PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA MEDIA STICKER HVS DI KELAS VIII C SMP NEGERI 25 SURABAYA

  • Alvina Berliana Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Zaini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

SMP Negeri 25 Surabaya pembelajaran dilakukan secara daring dikarenakan pandemi covid-19 berdampak khususnya pada pelajaran seni budaya materi ilustrasi yang perlu praktik. Guru memberikan materi secara lisan dan contoh melalui gambar di internet lalu memberikan tugas menggambar ilustrasi pada buku gambar yang berdampak siswa kurang berkreatifias dengan media lain. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu adanya media baru agar siswa mengetahui dan lebih berkreatifitas, jadi peneliti menerapkan menggambar ilustrasi pada media kertas sticker HVS di kelas VIII C. Rumusan masalah: bagaimana proses pembelajaran menggambar ilustrasi pada media sticker HVS?, bagaimana hasil gambar pada media sticker HVS?, bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggambar ilustrasi pada media sticker HVS?. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif untuk mengetahui secara rinci bagaimana pembelajaran menggambar ilustrasi pada media sticker HVS di kelas VIII C dengan observasi dan wawancara. Hasil gambar ilustrasi pada media sticker HVS dari 13 siswa kelas VIII C menunjukkan terdapat 23% siswa memperoleh nilai sangat baik, 61,5% siswa memperoleh nilai baik, dan 15,5% siswa memperoleh nilai cukup. Berdasarkan nilai akhir, disimpulkan bahwa siswa mampu menyelesaikan gambar ilustrasi pada media sticker HVS. Tanggapan siswa pembelajaran menggambar ilustrasi pada media sticker HVS seru, menyenangkan, unik dan menambah kreatifitas karena sticker HVS dapat langsung ditempel.
Kata Kunci: Ilustrasi, Sticker HVS, Seni Budaya.

Published
2021-07-25