PENDIDIKAN SENI BAGI ANAK USIA DINI: MENGGAMBAR SEBAGAI MEDIA KATARSIS AFEKSI ANAK DI TK PKK TANJUNGHARJO 1 BOJONEGORO

  • Muhamad Marshal Sundawa Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Martadi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Permasalahan emosional juga terjadi pada anak usia dini salah satunya disebabkan karena afeksi yang
diberikan oleh orang tua, keluarga, guru maupun orang disekitarnya. Namun anak usia dini belum
mampu mengungkapkan emosi yang dirasakan. Padahal emosi yang dipendam akan berdampak buruk
bagi dirinya sehingga diperlukan penyaluran emosi anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
menganalisis pendidikan anak usia dini berupa menggambar yang mampu menjadi media katarsis afeksi
bagi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis studi pustaka deskriptif
dengan subjek anak Kelas B TK PKK Tanjungharjo 1. Penelitian ini menemukan bahwa gambar mampu
menjadi proses komunikasi pada anak sehingga mampu menjadi media katarsis berupa afeksi pada anak
usia dini. Hasil interpretasi menunjukkan gambar siswa kelas B di TK PKK Tanjungharjo 1 memiliki
karakteristik seperti rumah yang digambar anak menggambar kontruksi diri mereka sendiri yang
mengungkapkan emosi berupa rasa sayang, kemarahan, kesedihan yang ditujukan kepada orang
terdekatnya. Objek yang digambar dengan ukuran kecil menunjukkan sifat yang pemalu. Selain itu
objek yang memiliki lebih dari dua warna menginterpretasikan anak yang ekstrovert.
Keywords: Pendidikan Seni, Menggambar, Katarsis, Afeksi

Published
2021-07-25