SRIBBLE ART: TEKNIK PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI DI SMP NEGERI 1 KESAMBEN JOMBANG JAWA TIMUR

  • Mohammad Yunus Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Zaini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran menggambar ilustrasi di SMP Negeri 1 Kesamben pada KI/ KD menggambar ilustrasi dengan teknik manual dan digital kurang inovatif, pembelajaran kurang banyak variatif, dan siswa kurang diberikan wawasan yang lebih luas tentang perkembangan seni rupa. Sesuai dengan Kurikulum 2013 serta kompetensi dasar sekolah menengah pertama kelas VIII yang tertulis, peneliti ingin memberikan inovasi baru yang dapat dimasukkan kedalam kurikulum tersebut. Peneliti mencoba untuk menerapkan pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik scribble art, agar siswa mendapatkan pengalaman baru, lebih variatif dan lebih kreatif dalam menggambar ilustrasi. Keunggulan dari teknik scribble art adalah memiliki keunikan tersendiri, dari segi coretan maupun karya yang dihasilkan dan memiliki perbedaan yang menonjol dari teknik ilustrasi pada umumnya. Pembelajaran menggambar Ilustrasi dengan teknik scribble art ini diharapkan mampu memberikan wawasan siswa di SMP Negeri 1 Kesamben khususnya Kelas VIII, sehingga dapat menghasilkan gambar ilustrasi yang lebih baik lagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualtitatif deskriptif, pengumpulan data pertama observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Berdasarkan hasil observasi dan pengelolaan data dapat disimpukan bahwa menggambar ilustrasi dengan menggunakan tekmik scribble art dapat memberikan wawasan baru serta pengalaman baru dalam proses menggambar ilustrasi, proses pembelajaran menjadi berbeda dari sebelumnya dan gambar ilustrasi terlihat lebih baik dan lebih variatif.

Kata Kunci: Scribble art, Pembelajaran, Menggambar, Ilustrasi.

Published
2021-07-26