PENGEMBANGAN EBOOK PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK SISWA TK NADA ASHOBAH PADA MASA PANDEMI
Abstract
Selama masa Pandemi Covid-19 KBTK Terpadu Nada Ashobah menghadapi tantangan yang sangat berat dalam melaksanakan pembelajaran terutama pembelajaran daring. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran di TK, siswa perlu pendampingan secara khusus dan intensif. Sedangkan Sebagian besar orang tua belum bisa menggantikan peran guru di rumah. Oleh karenanya inovasi pembelajaran menjadi bagian terpenting yang harus dikembangkan oleh guru, salah satunya adalah dalam menyiapkan bahan ajar yang praktis dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses Pengembangan Ebook Pembelajaran Membaca untuk Siswa TK Nada Ashobah pada Masa Pandemi?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) menurut Sugiyono (2019). Hasil penelitian ini adalah buku digital PDF untuk memudahkan pembelajaran jarak jauh (online) yang telah divalidasi oleh validator media dan validator materi sebanyak 2 kali total persentase validasi media 82% dan validasi materi 88.6% keduanya dengan indikator layak digunakan tanpa revisi. Selanjutnya dilakuka uji coba melalui kuesioner pada wali murid TK B KBTK Terpadu Nada Ashobah Surabaya secara online melalui Google Formulir menghasilkan 90.1% tingkat kelayakan produk ketika digunakan.
Keywords: Ebook, membaca, Pandemi Covid-19, KBTK Terpadu Nada Ashobah
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 78
,
PDF Downloads: 497