PEMBELAJARAN SENI BUDAYA BERKARYA TOPENG HIAS DARI BUBUR KERTAS SISWA XI MIPA 3 SMAN 1 KESAMBEN BLITAR

Authors

  • Galang Sketsa Nurani Wibawa Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mutmainah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar Seni Budaya siswa XI MIPA 3 Kesamben Blitar. Hal inilah dikarenakan proses pembelajaran yang sudah ada menggunakan media yang monoton. Guru harus menerapkan variasi bahan dan tehnik lain dalam pembelajaran dikelas. Yaitu, penggunaan media bubur kertas sebagai bahan pembelajaran Seni Budaya. Permasalahan dalam penelitian tersebut, 1) bagaimana proses pembelajaran topeng hias bahan bubur kertas pada siswa XI MIPA 3 SMAN 1 Kesamben Blitar?, 2) bagaimana hasil karya topeng hias bahan bubur kertas pada siswa XI MIPA 3 SMAN 1 Kesamben Blitar?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, serta observasi. Data yang sudah diperoleh dianalisis melalui reduksi, sajian data, dan vertifikasi atau penarikan kesimpulan. Selama proses persiapan pembelajaran diawali dengan menyiapkan media, alat, bahan, serta pemberian materi. Pembelajaran topeng yaitu dengan memanfaatkan teknik dan corak di Indonesia. Hasi dari karya siswa dilihat berdasarkan kesesuaian tema topeng, komposisi wajah topeng, dan perwarnaan hasil. Siswa membuat topeng dengan memperhatikan komposisi wajah topeng yang dibuat dengan proporsional serta memperhatikan nilai kesesuaian serta keindahannya. Hasil dari evaluasi pada karya siswa, bagaimana siswa bisa menerapkan ide-idenya pada saat berkarya topeng hias

 

Kata kunci: Berkarya, Topeng Hias, Seni Budaya, Bubur Kertas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-05
Abstract views: 64 , PDF Downloads: 341