PENERAPAN TEKNIK POINTILIS PADA GAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 12 SURABAYA JURUSAN SENI LUKIS
Abstract
Abstrak
Pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik pointilis belum pernah diterapkan di jurusan seni lukis SMK Negeri 12 Surabaya, oleh karena itu peneliti ingin memberikan pengalaman belajar dan wawasan baru kepada peserta didik serta memberikan referensi alternatif materi kepada guru mata pelajaran menggambar. Pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik pointilis diharapkan dapat menjadi media pengungkapan ekspresi serta dapat mendorong kecerdasan emosi peserta didik, mengembangkan kepekaan rasa, membantu mengembangkan koordinasi otak, tangan dan mata saat menerapkan teknik pointilis, serta mendorong imajinasi dan kreativitas dalam membuat sebuah gambar ilustrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil gambar siswa kelas X seni lukis 2, dapat disimpulkan bahwa dari keseluruhan siswa berhasil memaksimalkan penerapan teknik pointilis pada gambar ilustrasi sesuai dengan kemampuan yang peserta didik miliki, hal ini ditinjau dari hasil gambar beserta konsep yang dibuat sangat bervariasi dan imajinatif serta dari segi gelap terang yang dihasilkan dari teknik pointilis cukup dipikirkan kerenggangan dan kerapatan titik yang dihasilkan. Berdasarkan keterangan makna yang ditulis, peserta didik membuat konsep berdasarkan pengalaman pribadi, imajinasi, hal yang disukai, dan referensi dari permasalahan yang terjadi serta kejadian yang mereka alami.
Kata kunci: Pembelajaran, Menggambar Ilustrasi, Teknik pointilis.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

