REDESAIN LOGO EKOWISATA KAMPUNG KERAPU SITUBONDO

  • Akhmad Ilham Nurhadi Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Cahyo Kusumandyoko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kampung Kerapu merupakan destinasi ekowisata yang terletak di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit , Kabupaten Situbondo memiliki beberapa keunggulan dan keunikan antara lain lingkungan konservasi hutan bakau, dermaga melingkar dan budidaya keramba kerapu di ujung dermaga. Logo yang digunakan sebagai representasi identitas belum mencerminkan potensi yang dimiliki kampung kerapu. Berdasarkan hal ini kemudian dilakukan analisis logo yang digunakan, dan kemudian dilakukan redesain logo untuk menonjolkan citra kampung kerapu.  Proses perancangan diawali dari penentuan konsep logo kemudian divisualisasikan melalui mood board untuk mendapatkan arahan visual kemudian dilanjutkan membuat visualisasi desain logo dan  penerapan logo pada media promosi. Untuk mendukung konsistensi logo maka media promosi yang dibuat akan mengacu pada moodboard, logo dan palet warna yang telah dibuat. Redesain yang dilakukan mencakup logo dan pengaplikasian nya pada media promosinya. Hasil perancangan yang dilakukan menghasilkan logo yang sesuai dengan segmentasi audiens, dan 5 aspek logo yang baik yaitu Distinction (Pembeda), Relevance (Relevansi), Simplicity, (Simpel) Timeless (Kekal) dan Adaptivity (Adaptif). Juga dibuat hasil penerapan desain logo pada media promosi seperti poster, brosur, kartu nama, amplop dan x-banner.

Kata Kunci: Desain, Ekowisata, Kampung Kerapu, Logo, Promosi

Published
2022-01-26
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 76