PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KERAJINAN PELEPAH PISANG PRODUKSI BOJONEGORO TEAM CREATIVE

  • Nilna Khumairo Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Agus Basuki Oemar Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Bojonegoro merupakan salah satu daerah yang memiliki hasil bumi yang cukup melimpah seperti tembakau, salak, belimbing, maupun pisang. Namun masyarakat sebelumnya hanya dapat memanfaatkan buahnya saja sehingga mengakibatkan banyaknya limbah pohon diantaranya pohon pisang.  Bojonegoro Team Creative (BTC) merupakan industri  rumahan yang memanfaatkan pelepah pohon pisang menjadi berbagai kerajinan sehingga mampu membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat desa Balenrejo. BTC terletak di desa Balenrejo, kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Namun adanya pandemi Covid-19 membuat BTC hampir kehilangan seluruh konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancangkan media promosi kerajinan pelepah pisang produksi BTC untuk membangkitkan perekonomian dan meningkatkan penjualan produk. Dalam media promosi diperlukan perancangan yang sangat tepat agar minat para konsumen terbangun kembali dan mewujudkan jenis media promosi yang menarik, efektif, inofatif, informatif, serta komunikatif. Perancangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif serta menggunakan analisis SWOT dengan konsep USP (Unique Selling Proposition). Hasil dari perancangan artikel ini adalah berupa media online maupun offline yaitu katalog produk offline, brosur, konten yang akan dimasukkan dalam Google maps serta desain feed Instagram dan desain story Instagram yang telah dipublikasikan online di akun Instagram BTC ( Instagram : @debog_btc).

 

Kata Kunci: Bojonegoro Team Creative, Desain, Media Promosi, Pemasaran Digital

Published
2022-01-27
Abstract Views: 221
PDF Downloads: 88