PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI BERBASIS MOTION GRAPHIC

Authors

  • Rahmandika Ali Zaki Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berbicara tentang pendidikan tidak dapat terlepas dari istilah proses pembelajaran. Salah satu  faktor keberhasilan kependidikan tergantung pada proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Kegiatan pembelajaran yang berkualitas akan sangat memengaruhi kualitas pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual yang berbasis motion graphic untuk menunjang guru dalam menyampaikan materi di dalam kelas. Adapun materi yang diusung adalah menggambar ilustrasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian  research and development dengan model ADDIE dengan 5 tahapan. Tahap pertama merupakan analisis permasalahan pembelajaran di kelas, tahap kedua yaitu pembuatan desain media pembelajaran, tahap ketiga merupakan pengembangan media, tahap keempat yaitu validasi dan uji coba, dan tahapan terakhir adalah evaluasi media. Hasil dari pengujian validitas media menunjukan bahwa media ini sangat layak digunakan dengan skor validitas sebesar 82,95%. Sedangkan hasil dari uji respon siswa mendapatkan skor sebesar 80,2%. Dari hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan. Media pembelajaran berbasis motion graphic ini juga dapat menjadi referensi media alternatif untuk pembelajaran di sekolah.

 

Kata Kunci : Pengembangan, media pembelajaran, motion graphic

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-10
Abstract views: 106 , PDF Downloads: 223