KOMIK PEMBELAJARAN SENI LUKIS UNTUK SISWA KELAS 7 DI SMPN I NGORO

Authors

  • Rio Raindy Rahmadhanna Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Cahyo Kusumandyoko

Abstract

Tempat penelitian di sekolah SMPN I Ngoro yang menjadi tempat tujuan penulis, dalam
pembelajarannya mengalami keterlambatan dalam penjelasan materinya, dan juga hal yang terjadi
kepada murid-murid kelas VII yang ada di sana,karena dianggap pelajaran seni budaya tidak terlalu
penting dan diminati oleh sebagian murid, karena ada juga faktor nilai seni budaya tidak menjadi
penentu dalam kenaikan kelas mereka, adapun juga karena metode pengajaran yang di sana sama
dengan metode pengajaran mata pelajaran lainnya. Pada penelitian kali ini, penulis merancang media
belajar yang berdasarkan dari komik yang berisikan tentang pelajaran pengenalan seni lukis yang
nantinya akan diuji cobakan kepada siswa kelas VII di SMPN I Ngoro. Pengembangan media ini
dipilih karena penulis memiliki solusi atas masalah untuk mengenalkan seni lukis pada anak-anak
menggunakan media komik yang mana komik sendiri adalah hal yang dikuasai oleh penulis, dan juga
ingin memperlihatkan pada anak-anak jika dengan media seperti ini dapat memberi mereka
pengetahuan dengan cara yang unik dan menarik. Selain itu, ilustrasi yang terdapat dalam buku komik
ini dapat mempermudah untuk mengikuti pelajaran yang akan mereka bahas. Tujuan dari penelitian ini
adalahuntuk melihat potensi dari perancangan media komik ini, apakah bisa menjadi alternatif untuk
pembelajaran di sekolah. Perancangan ini memilih metode research and development milik Sugiyono
(2010). Menurut hasil penelitian di kelas dengan jumlah 20 orang kelas 7, memperoleh nilai 15 dengan
prosentase sebesar 75% dengan indikator keterangan cukup layak.
Keywords: buku komik, mengenal seni lukis, SMPN I Ngoro

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-12
Abstract views: 39 , PDF Downloads: 216