PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) DALAM MATA PELAJARAN SKETSA JURUSAN DKV DI SMK AL-IHSAN KRIAN
Abstract
Paradigma pendidikan pada saat ini mengalami perubahan. Pembelajaran tidak lagi dipandang sebagai proses men-transfer pengetahuan hanya dari guru kepada siswa. Namun, siswa juga harus lebih aktif di kelas dan guru hanya memfasilitasi siswa untuk membuat konsep mereka sendiri. Permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini yakni masih banyak guru yang masih menggunakan model pembelajaran kuno yang hanya fokus ke pendidik bukan siswa. SMK Al-Ihsan Krian menanggapi hal itu dengan menggunakan model pembelajaran SOLE. Tujuan di laksanakannya penelitian ini adalah mengetahui serta mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan menganalisis hasil karya sketsa siswa di SMK Al-Ihsan Krian. Penelitian ini memakai metode kualitatif deskriptif, data diperoleh dari dokumentasi, observasi, serta wawancara. Validitas data diketahui memakai teknik triangulasi. Tahapan analisis data dengan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini dalam persiapannya Bu Rafika menggunakan RPP, bahan ajar dan media pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Rafika dalam penerapan model SOLE yakni (1) Big Question, (2) Plan (3) Investigation (4) Review. Hasil dalam penerapan pembelajarannya dapat meningkatkan hasil karya siswa yakni 45% terbaik, 41% baik, 9% cukup baik dan 5% kurang baik.
Kata Kunci: Model pembelajaran, Self Organized Learning Environment (SOLE), Sketsa
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 167
,
PDF Downloads: 638