PENERAPAN RAGAM HIAS RINGIN CONTONG SEBAGAI HIASAN DINDING OLEH SISWA KELAS VII SMP AINUL ULUM MOJOAGUNG

Authors

  • Siti Nur Mufidah Universitas negeri Surabaya
  • indah chrysanti angge universitas negeri surabaya

Abstract

Pembelajaran tentang ragam hias pada kelas VII di SMP Ainul Ulum Mojoagung kurang mengeksplor kreativitas dalam mengembangkan motif ciri khas daerah, oleh karena itu diperlukan inovasi dengan mengembangkan ikon khas Jombang yaitu Ringin Contong menjadi ragam hias untuk mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas VII A SMP Ainul Ulum Mojoagung bertujuan untuk mengetahui perwujudan ringin contong dan karakter khasnya, proses pembuatan ragam hias ringin contong sebagai hiasan dinding, hasil karya serta tanggapan guru dan siswa mengenai pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Bangunan Ringin Contong memiliki karakter dan ciri khas berbentuk prisma segi-6 pada bagian atas dan segi-8 pada bagian bawah. Proses pembuatan ragam hias ringin contong sebagai hiasan dinding dilakukan selama 5 pertemuan, mulai dari penyampaian materi, membuat desain, menekan, memotong, mewarnai, dan menempel (finishing). Hasil karya hiasan dinding berjumlah 17 karya dengan predikat yang bervariasi mulai dari sangat baik, baik, dan cukup. Dari total nilai keseluruhan diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,14 dengan predikat baik. Penelitian ini mendapat respon baik dari guru seni budaya dan siswa karena merupakan hal baru.

 

Kata Kunci: Ringin Contong, Hiasan Dinding, Tekan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-05
Abstract views: 146 , PDF Downloads: 263