INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PENYAJIAN PROJECT DAN KARYA SENI PADA PRAKTIK PAMERAN ONLINE SISWA KELAS IXD SMPN 31 SURABAYA

Authors

  • devi anggraini universitas negeri surabaya
  • ika anggun camelia universitas negeri surabaya

Abstract

Pada mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas IX SMP terdapat KD 4.4 menyelenggarakan pameran seni rupa, menurut kompetensi dasar tersebut siswa diharapkan mampu melakukan praktik penyelenggaraan pameran. Akibat adanya pandemi COVID-19 siswa kelas IXD SMPN 31 Surabaya tidak dapat secara langsung melakukan praktik penyelenggaraan pameran di sekolah. Melalui fenomena ini, peneliti berinisiatif memanfaatkan aplikasi instagram sebagai media praktik pameran online sehingga siswa tetap mendapatkan pengalaman terkait penyelenggaraan pameran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti merumuskan masalah dan tujuan penelitian sebagai berikut, (1)Mendeskripsikan proses persiapan pameran online melalui aplikasi instagram oleh siswa kelas IXD SMPN 31 Surabaya, (2)Mendeskripsikan pelaksanaan pameran online melalui aplikasi instagram oleh siswa kelas IXD SMPN 31 Surabaya, (3)Mendeskripsikan tanggapan pengunjung pameran dan siswa kelas IXD SMPN 31 Surabaya setelah pelaksanaan praktik pameran online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, dokumentasi, dan kuesioner atau angket. Validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, hingga menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan praktik penyelenggaraan pameran online dengan memanfaatkan fitur instagram cukup efektif sebagai alternatif penyelenggaraan pameran di masa pandemi serta mampu memberikan manfaat positif kepada siswa kelas IXD SMPN 31 Surabaya.

Kata Kunci: pameran online, instagram, SMPN 31 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-05
Abstract views: 268 , PDF Downloads: 526