PERANCANGAN GUIDE BOOK TENTANG BATIK BOJONEGORO SEBAGAI MEDIA PROMOSI
Abstract
Batik merupakan salah satu budaya yang telah terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Untuk tetap merawat dan melestarikan kebudayaan ini banyak daerah yang mulai menciptakan dan mengembangkan batik khasnya, salah satunya adalah Kabupaten Bojonegoro yang melakukan berbagai usaha mulai dari pelatihan membatik hingga menyelenggarakan berbagai festival batik. Perancangan Guide Book tentang batik Bojonegoro dilakukan untuk mempromosikan batik khas Bojonegoro kepada wisatawan yang sedang berkunjung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep perancangan, proses visualisasi, dan hasil visualisasi dari perancangan Guide Book tentang batik Bojonegoro. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang terdiri dari lima tahapan yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, perumusan konsep desain, dan visualisasi desain. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan analisis 5W+1H. Hasil dari perancangan ini berupa Guide Book yang berisi informasi tentang 19 motif batik Bojonegoro beserta lima outlet dan produsen yang menyediakannya. Guide Book dicetak pada kertas artpaper berukuran A5 dan berjumlah 50 halaman yang dijilid soft cover dengan laminasi doff. Guide Book ini juga dipublikasikan dalam bentuk digital melalui media online. Media pendukung dalam perancangan ini berupa poster A4 dan pembatas buku.
Kata Kunci: Buku Panduan, Batik, Bojonegoro, Budaya
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 109
,
PDF Downloads: 224