GRID SEBAGAI TEKNIK MENGATASI KESULITAN MENGGAMBAR STILL LIFE DI SMP NEGERI 1 MANTUP

  • Wida Yuni Anggraini Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Anggun Camelia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran Still Life merupakan salah satu bagian dari kompetensi dasar 4.1 kelas VII semester 1
yaitu menggambar flora, fauna dan alam benda. Namun rata-rata nilai ulangan harian peserta didik SMP
Negeri 1 Mantup rendah dalam materi menggambar Still Life. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi
kesulitan, pengaplikasian teknik Grid, dan analisis hasil gambar. Sehingga rumusan masalah dari
penelitian ini adalah 1) Bagaimana kesulitan menggambar Still Life, 2) Bagaimana pengaplikasian
teknik Grid dalam menggambar Still Life, serta 3) Bagaimana hasil penerapan teknik Grid pada gambar
Still Life. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data mempunyai 3 langkah yakni reduksi data, penyajian
data, dan kesimpulan. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh hasil karya gambar kelas VII
SMP Negeri 1 Mantup berjumlah 244 karya. Dan sampelnya kelas VII B dengan jumlah 31 karya dengan
teknik Grid. Kesulitan yang dialami Peserta didik dalam menggambar Still Life terdapat pada garis dan
gelap terang, guna mengatasi kesulitan tersebut diterapkan teknik Grid, yaitu membuat format kolom
diatas gambar. Gambar dari penerapan teknik tersebut menghasilkan peningkatan nilai dalam
menggambar Still Life.
Kata Kunci: Gambar still life, teknik Grid, SMPN 1 Mantup

Published
2022-07-06
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 1499