PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK BERBASIS TIK TOK DI SMP ARDITAMA SIDOARJO
Abstract
Tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak adanya permasalahan dalam pendidikan sekolah di Indonesia. Masih banyak guru di Indonesia yang mengajar tidak sesuai dengan bidangnya. Peneliti juga menjumpai kasus tersebut di SMP Arditama, Sidoarjo. Guru seni budaya di sekolah tersebut terkadang kesulitan dalam memvisualisasikan materi pembelajaran terutama pada pembelajaran seni rupa dalam teknik menggambar. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk memanfaatkan teknologi dan media yang sedang ramai digunakan pada saat ini yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis Tik Tok untuk membantu guru dalam menyampaikan materi di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan dengan perumusan masalah; Bagaimana langka dan hasil pembelajaran serta tanggapan guru maupun peserta didik dalam pembelajaran dengan pengembangan media berbasis Tik Tok. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan langkah, hasil pembelajaran serta tanggapan guru maupun peserta didik dalam pembelajaran menggunakan media pengembangan tersebut. Materi yang difokuskan dalam penelitian ini adalah menggambar bentuk. Dengan jumlah subjek 20 peserta didik kelas VIII di SMP Arditama Waru, Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode penelitian Research and Development (R&D) dan model ADDIE. Hasil dari Respon serta hasil belajar peserta didik juga terlihat baik dan sangat tampak dengan hasil belajar nilai rata-rata pengetahuan “82”, hal tersebut memperlihatkan peningkatan dalam pengetahuan setelah penggunaan media, karena sebelumnya nilai rata-rata pre-test yang mereka dapatkan adalah “48”. Tanggapan guru terhadap penerapan media ini juga “positif”, beliau merasa terbantu dengan adanya pengembangan media ini.
Kata Kunci : Pendidikan, teknologi, guru, media pembelajaran, Tik Tok.
PDF Downloads: 430