PENDIDIKAN SEKSUALITAS KOMPREHENSIF PADA LUKISAN KARYA CITRA SASMITA
Abstract
Kekerasan berbasis gender terus terjadi di tengah masyarakat. Salah satu tindakan pencegahan yang
dapat dilakukan adalah dengan memberi edukasi kepada masyarakat, yaitu dengan Pendidikan
Seksualitas Komprehensif yang menggunakan pendekatan berbasis hak dan kesetaraan-keadilan
gender. Proses edukasi ini dapat dilaksanakan di bangku pendidikan maupun di luar
sekolah/universitas. Dengan begitu, proses pendidikan dapat dilakukan dimana saja, salah satunya di
ruang pamer dengan media karya seni. Salah satu seniman yang merespon permasalahan kekerasan
berbasis gender sebagai ide penciptaan karyanya adalah Citra Sasmita. Ia mengungkapkan
permasalahan kekerasan berbasis gender sebagai konsep penciptaan karyanya yang tentunya sangat
menarik untuk dikaji. Penelitian ini menggunakan metode kritik seni dan Components of
Comprehensive Sexuality Education menurut International Planned Parenthood Association (IPPF)
untuk mengetahui bagaimana deskripsi Lukisan karya Citra Sasmita dan bagaimana nilai-nilai
pendidikan seksual komprehensif yang terkandung dalam lukisan karya Citra Sasmita. Penelitian ini
menemukan bahwa dalam karya-karyanya Citra mencoba menampilkan realita-realita yang ia lihat dan
alami sebagai perempuan dalam budaya patriarki. Selain itu, pada konsep-konsep lukisan karya Citra
Sasmita juga terdapat nilai-nilai pendidikan seksualitas komprehensif diantaranya gender; kesehatan
reproduksi dan HIV; hak sesksual dan hak asasi manusia; kepuasan; kekerasan; keragaman; dan
hubungan manusia.
Kata kunci: Kekerasan, Pendidikan, Lukisan, Citra Sasmita
PDF Downloads: 161