PENDIDIKAN SEKSUALITAS KOMPREHENSIF PADA LUKISAN KARYA CITRA SASMITA

  • Yulia Ayuningtyas Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kekerasan berbasis gender terus terjadi di tengah masyarakat. Salah satu tindakan pencegahan yang

dapat dilakukan adalah dengan memberi edukasi kepada masyarakat, yaitu dengan Pendidikan

Seksualitas Komprehensif yang menggunakan pendekatan berbasis hak dan kesetaraan-keadilan

gender. Proses edukasi ini dapat dilaksanakan di bangku pendidikan maupun di luar

sekolah/universitas. Dengan begitu, proses pendidikan dapat dilakukan dimana saja, salah satunya di

ruang pamer dengan media karya seni. Salah satu seniman yang merespon permasalahan kekerasan

berbasis gender sebagai ide penciptaan karyanya adalah Citra Sasmita. Ia mengungkapkan

permasalahan kekerasan berbasis gender sebagai konsep penciptaan karyanya yang tentunya sangat

menarik untuk dikaji. Penelitian ini menggunakan metode kritik seni dan Components of

Comprehensive Sexuality Education menurut International Planned Parenthood Association (IPPF)

untuk mengetahui bagaimana deskripsi Lukisan karya Citra Sasmita dan bagaimana nilai-nilai

pendidikan seksual komprehensif yang terkandung dalam lukisan karya Citra Sasmita. Penelitian ini

menemukan bahwa dalam karya-karyanya Citra mencoba menampilkan realita-realita yang ia lihat dan

alami sebagai perempuan dalam budaya patriarki. Selain itu, pada konsep-konsep lukisan karya Citra

Sasmita juga terdapat nilai-nilai pendidikan seksualitas komprehensif diantaranya gender; kesehatan

reproduksi dan HIV; hak sesksual dan hak asasi manusia; kepuasan; kekerasan; keragaman; dan

hubungan manusia.

Kata kunci: Kekerasan, Pendidikan, Lukisan, Citra Sasmita

Published
2022-07-06
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 161