LUKISAN BERTEMA FLORA DENGAN TEKNIK FINGER PAINTING SISWA KELAS VII-I SMPN 58 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Masa remaja merupakan masa dimana peserta didik mulai mesarsakan perubahan fisik dan tanggung jawab. Istilah pubertas tentu akan dilewati oleh semua manusia, dalam masa peralihan tingkat kelabilan untuk bertindak secara emosional masih terbilang sangat riskan. Dalam penelitian ini mengangkat masalah dari bagaimana proses pembelajaran finger painting siswa kelas VII-I SMPN 58 Surabaya. Penelitian betujuan Mendeskripsikan proses pembelajaran finger painting yang sama sekali belum pernah dilakukan oleh sisiwa kelas VII-I di SMPN 58 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan dibantu dengan metode demonstrasi yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik di kelas. Data didapat dari observasi, wawancara dan dokumentasi di SMPN 58 Surabaya. Didalam proses finger painting peserta didik dapat mengoptimalkan tingkat kreatifitas dalam berkesenian. Dalam praktiknya, peserta didik berekplorasi dengan warna, tekstur, dan bentuk visual. Adapun aspek yang dinilai pada karya finger painting peserta didik meliputi beberapa aspek yaitu, warna, estetika garis, tekstur, dan visual. Dari aspek-aspek tersebut diperoleh hasil evaluasi peneliti dan tenaga pendidik SMPN 58 Surabaya. Penerapan lukisan bertema flora dengan teknik finger painting siswa Kelas VII-I SMPN 58 Surabaya dinyatakan berhasil diselenggarakan
Kata Kunci: Lukisan, Finger Paint, SMPN 58 Surabaya
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 133
,
PDF Downloads: 206