LETTERING PADA SPANDUK WARUNG MAKAN BUATAN ASOSIASI PERCETAKAN SEPANJANG DITINJAU DARI TEKNIK PENGERJAAN DAN CIRI KHASNYA

  • Ryan Sholehuddin Universitas Negeri Surabaya
  • Winarno Winarno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kepopuleran makanan khas Lamongan Jawa Timur yaitu Pecel Lele juga membuat fenomena baru sekitar tahun 1990an. Identitas sebagai penjual makanan pecel lele ditandai dengan bentangan kain spanduk yang warnanya cukup menarik mata pelihatnya. Rumusan masalah yang didapati adalah bagaimana teknik pengerjaannya dan bagaimana mengenali ciri khas spanduk warung makan tersebut.

Dalam penelitian ini, dilakukan ke pembuat jasa spanduk yang mempunyai asosiasi di sekitar Sepanjang Sidoarjo. Anggota yang masih aktif membuat spanduk manual yaitu Percetakan Pelangi tepatnya di Dsn. Menyanggong Ds. Tawangsari Kec. Taman Sidoarjo. Diketahui bahwa di sekitar Tawangsari terdapat beberapa jasa percetakan namun yang masih membuat spanduk manual hanya Percetakan Pelangi, itu sebabnya menjadikan alasan melakukan penelitian di Tawangsari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian berbasis seni yang diuraikan secara deskriptif, membuat data bercerita. Teknik pengumpulan data didapatkan dengan cara observasi objek, wawancara pada subjek dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapati dari lettering pada spanduk warung makan buatan asosiasi percetakan sepanjang berdasarkan teknik pengerjaan dan ciri khasnya dengan kesimpulan teknik yang dipakai sangat jarang ditemukan karena membuat lettering secara langsung dimulai dari tengah kain kemudian ke samping, dengan tujuan penelitian yaitu mengetahui dan memahami teknik pengerjaan dan ciri khas lettering pada spanduk warung makan buatan asosiasi.

 

Keyword: Lettering, Spanduk Warung Makan, Asosiasi, Ciri Khas

Published
2023-01-26
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 50