PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK MATERI MENGGAMBAR POSTER SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 13 SOLOKURO

  • Shabrina Amelia Evanti universitas negeri surabaya
  • Siti Mutmainah universitas negeri surabaya

Abstract

Mata pelajaran seni dan budaya terkhusus Seni Rupa SMP/MTs memiliki 2 kompetensi dasar yaitu memahami pengetahuan seni dan menciptakan karya seni. Materi ajar menggambar poster di MTs Muhammadiyah 13 Solokuro Lamongan menggunakan metode ceramah dalam penyampaiannya, hal itu membuat materi yang diajarkan belum tersampaikan secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan media flipbook serta mengetahui media flipbook materi menggambar poster yang layak dan efektif digunakan untuk siswa di kelas VIII MTs. M 13 Solokuro Lamongan. Media ini juga disertai teks materi pembelajaran, gambar, video pendukung dan animasi pendukung lainnya. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Penerapan, Evaluasi. 1) analisis, menganalisa kebutuhan dalam pengembangan media, 2) perancangan, melakukan desain untuk pengembangan media, 3) pengembangan, validasi media pembelajaran oleh ahli materi dan ahli media, 4) implementasi, penerapan menggunakan media flipbook, 5) evaluasi, mengetahui media ini sesuai dengan tujuan dari penelitian pengembangan. Hasil kelayakan media flipbook diperoleh skor 98,75% dari hasil rata-rata 2 validator. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh skor 97,5%, dan hasil validasi ahli media diperoleh skor 100%. Hasil dari tes belajar dan karya poster 10 siswa diperoleh skor 100%. Hasil penelitian dan pengembangan media flipbook materi menggambar poster kelas VIII di MTs M 13 Solokuro menunjukkan hasil sangat valid, layak dan efektif untuk digunakan. Kata kunci: Pengembangan, Media, Flipbook, Poster
Published
2023-01-27
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 14