PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI LUKIS REALIS KELAS XI DI SMK NEGERI 12 SURABAYA

  • Dwi Muli Yanti Universitas Negeri Surabaya
  • WINARNO WINARNO Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Banyak tersebar sekolah SMA dan SMK di Indonesia. Setiap sekolah terdapat mata pelajaran seni budaya. Salah satu materi yang dipelajari dalam seni budaya ialah seni rupa. Di Indonesia terdapat sekolah menengah kejuruan yang mempelajari tentang seni saja. Sekolah yang mempelajari seni khususnya seni rupa disebut juga dengan Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR). Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni lukis realis kelas XI Jurusan Seni Lukis di SMKN 12 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model pendekatan survei. Metode pengumpulan data adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data disempurnakan dan disatukan dari hasil reduksi data, penyajian data dengan mendeskripsikan, menyimpulkan data agar mudah dipahami. Hasil dari penelitian adalah pelaksanaan Pembelajaran Seni Lukis Realis kelas XI di SMK Negeri 12 Surabaya dilakukan dari proses pembuatannya yang dilakukan dengan teknik pembuatan yaitu dengan teknik plakat. Dengan cara pembuatan sketsa awal, lalu proses pewarnaan yang dimulai dengan warna dasar objek lalu ditimpa warna yang senada dengan warna objek saat warna dasar tersebut sudah agak kering karena menggunakan cat minyak. Setelah itu, proses finishing dengan menggunakan kuas kecil untuk proses pendetailan objek yang masih kurang agar hasil karya lukis lebih bagus dan menarik. 

Kata Kunci: Pembelajaran, Seni Rupa, Lukis Realis

Published
2023-01-28
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 477