KOLASE BERBAHAN MANIK-MANIK BERTEMA STILASI FLORA DAN FAUNA DI SMA SENOPATI SIDOARJO

  • Novia Eka Permata Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Fera Ratyaningrum Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada dasarnya manusia terlahir dengan kemampuan yang ada dalam dirinya. Berbekal kemampuan yang dimiliki peserta didik, guru dapat membantu mereka mengembangkan kreativitas. Kali ini Peneliti mengajak peserta didik untuk membuat karya kolase berbahan manik-manik. Manik-manik dipilih karena belum pernah dipakai sebagai media untuk berkarya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA SMA Senopati Sidoarjo, dengan  tujuan mengetahui proses pembelajaran kolase berbahan manik-manik, karya yang dihasilkan peserta didik, serta kekurangan dan kelebihan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Pembelajaran dilakukan dengan membentuk kelompok, membuat desain kolase bertema stilasi pada kertas, menyiapkan alat dan bahan, memindahkan desain ke media kain, dan menjahit manik-manik pada kain. Setelah itu karya dikumpulkan untuk dinilai. Dari penelitian ini telah dihasilkan 10 karya kolase bertema stilasi flora dan fauna dengan nilai tertinggi 90. Guru seni budaya menanggapi bahwa penelitian ini dapat menambah pengalaman baru, karena media yang digunakan merupakan media baru. Bagi peserta didik penelitian ini membutuhkan kesabaran dan kreativitas yang tinggi, sekaligus menambah wawasan. Pembelajaran dalam penelitian ini dapat diterapkan pada kelas yang lain karena menghasilkan respon yang positif meskipun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

 

Kata Kunci: kolase, manik-manik, flora-fauna

Published
2023-06-26
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 124