PENERAPAN TEKNIK GRADASI MENGGUNAKAN METODE DIRECT LEARNING PADA SISWA SMA NEGERI 12 SURABAYA

  • reynaldi cahyono putra Universitas Negeri Surabaya
  • winarno winarno

Abstract

Salah satu materi Seni Budaya yang dipelajari di kelas X SMA Negeri Surabaya adalah unsur dasar seni rupa dua dimensi. Namun, dari hasil observasi siswa belum memahami salah satu unsur tersebut yaitu gradasi atau gelap terang. Dari masalah tersebut peneliti melakukan penerapan teknik gradasi menggunakan metode direct learning. Penelitian ini bertunjuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan teknik gradasi menggunakan metode direct learning pada siswa kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. (2) Mendeskripsikan hasil karya dari penerapan teknik gradasi menggunakan metode direct learning pada siswa kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. (3) Mengetahui dan mendeskripsikan respon siswa kelas X SMA Negeri 12 Surabaya terhadap penerapan teknik gradasi menggunakan metode direct learning. Penilitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data yang diambil dari hasil observasi, kuisioner dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh 1) siswa melakukan pembelajaran teknik gradasi dengan mengunakan metode direct learning dengan 5 tahap yaitu penyampaianiitujuan, mendemonstrasikan pengetahuan, membimbing pelatihan,mengecekipemahaman daniumpan balik, pelatihan lanjutanidan penerapan. 2) Hasil karya siswa dengan penerapan teknik gradasi terbilang baik dengan adanya peningkatan dari rata-rata nilai 62,5 menjadi 78,5. 3) dari hasil kuisioner yang dibagikan diperoleh 80% siswa merasa lebih mudah menerima dan menerapkan gradasi dengan metode direct learning. 

Kata Kunci : Seni Rupa 2 Dimensi, Gradasi, Pembelajaran Direct Learning.

Published
2023-07-04
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 86