TANAH LIAT SEBAGAI MEDIA BERKREASI SISWA TUNAGRAHITA DI PUSAT TERAPI ACT (AUTISM CHILDREN’S THERAPY) SURABAYA

  • Ira Putri Amalia Ridwan Universitas Negeri Surabaya
  • Muchlis Arif Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Artikel ini adalah hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap siswa tunagrahita untuk mengetahui kreativitas mereka menggunakan media tanah liat di Pusat Terapi ACT (Autism Children’s Therapy). Bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan dan proses berkreasi bersama siswa tunagrahita menggunakan media tanah liat, serta mendeskripsikan hasil dan analisa kreasi siswa tunagrahita menggunakan media tanah liat. Menggunakan metode penelitian kualitatif, mendeskripsikan kesinambungan dan pengaruh berkreasi menggunakan media tanah liat pada tingkat kreativitas siswa dengan menggunakan acuan indikator mimetik dan Model Treffinger tingkat 1 dan 2. Hasil dari penelitian ini adalah siswa tunagrahita dapat berkarya menggunakan media tanah liat, dengan penilaian skor mimetik dan Model Treffinger tingkat 1 & 2 yang baik.

 

Kata Kunci: tunagrahita, kreativitas, media tanah liat.

Abstract Views: 16
PDF Downloads: 31