LOGAM KUNINGAN SEBAGAI MEDIA BERKARYA SENI RUPA 2 DIMENSI SISWA KELAS XII SMAN 2 SIDOARJO
Abstract
Pandemi COVID-19 membawa banyak pengaruh pada kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan salah satunya bidang seni. perubahan fase pembelajaran dari pandemi ke pasca pandemi sangat mempengaruhi eksplorasi media berkarya siswa yang menjadi tidak mengenal media lain selain kertas. Mengakibatkan karya siswa lama kelamaan menjadi terlupakan. logam kuningan dapat digunakan sebagai bentuk inovasi, sehingga karya siswa berbeda dengan karya siswa pada umumnya dan menjadi lebih berarti. Logam kuningan diharapkan dapat memunculkan potensi serta peluang baik yang bermanfaat bagi siswa, guru dan sekolah. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer berupa hasil karya logam kuningan dan angket siswa kelas XII MIPA 7 SMAN 2 Sidoarjo. Data sekunder diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dan diolah menggunakan metode reduksi, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Keabsahan data diketahui melalui triangulasi data. Proses pembelajaran diawali dengan mempersiapkan perangkat dan media pembelajaran. penelitian berlangsung selama 5 pertemuan mulai dari penyampaian materi, membuat dan memindahkan desain logam, mengukir logam dengan teknik tekan, memberikan detail background, mewarnai kemudian finishing. Kegiatan berkarya seni rupa 2 dimensi menggunakan logam kuningan dikerjakan secara berkelompok menghasilkan 16 karya siswa dengan kategori sangat baik, baik, hingga kurang baik. Penelitian mendapat respon baik dari siswa, guru dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.
Kata kunci: logam kuningan, media berkarya, seni rupa 2 dimensi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

