ANALISIS PEMBELAJARAN TEKNIK IKAT CELUP PADA SISWI KELAS VII C MTs SYARIF HIDAYATULLAH KEPANJEN MALANG
Abstract
Ikat celup adalah proses membuat warna dan motif pada kain putih polos dengan cara mengikat kain menggunakan karet kemudian dicelup pada pewarna. Ikat celup ini dipilih karena sederhana dan mudah pengerjaannya. Selain itu ikat celup merupakan materi pelajaran yang belum pernah diajarkan di MTs Syarif Hidayatullah Kepanjen Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskrispsikan proses pembelajaran ikat celup, hambatan beserta solusi pembelajaran ikat celup, hasil karya ikat celup, tanggapan guru serta siswi mengenai hasil karya ikat celup kelas VII C di MTs Syarif Hidayatullah Kepanjen Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta studi kasus tunggal terpancang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi yang diperoleh saat observasi langsung, serta dilengkapi dengan studi kepustakaan. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan review informan. Teknik analisis data dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini dalam pelaksanaan pembelajaran guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), metode, media, materi, teknik membuat ikat celup, contoh karya dan mengevaluasi. Hambatan yang dialami yaitu terbatasnya pewarna solusi yang digunakan guru menyiapkan pewarna lebih banyak. Hasil karya dikategorikan sangat baik, baik, dan cukup. Tanggapan guru serta siswi kelas VII C mengenai ikat celup sangat bagus karena hasilnya tidak mengecewakan.
Kata Kunci: pembelajaran, seni budaya, ikat celup.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

