PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MEMBUAT ARSIR TEKSTUR PADA APLIKASI TIKTOK DI SMPN 1 KEMLAGI MOJOKERTO
Abstract
Pada pelajaran seni budaya kelas VIII SMP terdapat materi menggambar bentuk, namun nilai berkarya siswa yang masih dibawah KKM khususnya dalam menerapkan arsiran, sehingga perlu adanya media untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Maka dari itu peneliti mengembangkan media video tutorial pada aplikasi TikTok membantu siswa supaya menjadi paham dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan konsep, proses, dan keefektifan media video tutorial membuat arsir tekstur pada aplikasi TikTok di Smpn 1 Kemlagi Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) level 3 dengan mengidentifikasi dan menganalisis data melalui observasi, wawancara, nilai siswa, dan penyebaran kuesioner mengenai media pembelajaran video tutorial membuat arsir tekstur pada aplikasi TikTok di Smpn 1 Kemlagi Mojokerto. Hasil dari pengembangan media ini berupa video tutorial berseri yang terdiri dari 9 video dengan durasi 1 hingga 1,5 menit dan aplikasi TikTok sebagai media publikasinya. Proses penelitian diawali dengan pembuatan media video tutorial, lalu dilanjutkan proses validasi dengan persentase 94% pada validasi materi dan persentase 95% pada validasi media hingga media valid digunakan. Efektivitas penelitian ini adalah hasil penilaian siswa yang terdiri dari aspek pemahaman dan aspek berkarya yang memperoleh persentase 89%. Sehingga dari hasil tersebut media video tutorial ini valid dan efektif untuk digunakan.
Kata Kunci: Arsir Tekstur, gambar bentuk, video tutorial, aplikasi TikTok
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

